Skip to content

Go Halal: Industry gaining good momentum

November 8, 2011

Momentum Industri dan Pasar Halal

Penulis: Abdul Basit, abdulbasit@khaleejtimes.com

DUBAI— Dari peternakan hingga jadi hidangan, berstatus Halal adalah alternatif unggulan, dan, menurut para pakar industri, ekspansi pasarnya ditunjang oleh nilai tambahnya dari segi kesehatan dan bisnis.

Industri pangan Halal seluruh dunia mengisi 16 persen pasar pangan internasional, dan diperkirakan bernilai lebih dari $650 milyar.

Di suatu forum baru-baru ini, para nara sumber sepakat, investasi pasar pangan Halal yang berpotensi langsung menarik keuntungan bersih yang tinggi ialah produsen makanan Halal, rumah penyembelihan, produksi zat kandungan makanan, ternak hewan Halal, daging mentah Halal dan komplek industri Halal.

Forum tersebut merupakan kerja sama antara Al Islami Foods dan CNBC Arabia. Para pakar industri yang diundang untuk ikut serta didalamnya ialah Hamid Badawi, Wakil Dirut Al Islami Foods, Alaa Kamal, Kepala Div. Sales dan Marketing Midamar Middle East untuk AS, dan Wahid Kandil, of GM Prairie Halal Foods Middle East cabang Kanada.

Mengenai pertumbuhan pesat pangsa pasar Halal, Badawi menerangkan, “Halal memiliki manfaat besar dari segi bisnis dan kesehatan. Maka pasar Halal mengalami perkembangan. Angka pertumbuhannya cukup menggiurkan bagi para investor.”

Kata Badawi pula, “Standar Halal Global dan Sertifikasi Halal Global adalah kunci pemecahan isu-isu sensitif industri Halal. Tanpa keduanya, pasar Halal bakal tetap terpecah-pecah dan cuma berkisar pada pusat-pusat wilayah setempat saja.”

Penetapan aturan sertifikasi Halal berbeda antara satu Madzhab (cabang pemikiran ilmu agama Islam) dan yang lainnya. Setiap Mazhab dan (bahkan) negara punya aturannya sendiri-sendiri untuk sertifikasi Halal.

SelainMalaysia, pemain utama di sektor Halal sedunia adalahAustralia,Brazil,Thailand,IndonesiadanBrunei. Cina, Perancis dan Jepang berencana untuk ikut berkiprah dalam waktu dekat. Saat ini, perkembangan pasar Halal secara alami memang masih berjalan.

Tetapi, wilayah-wilayah regional dan negara berselisih pada terapan aturan-aturan syari’ah standar dan sertifikasi. Maka, pasar Halal masih menginventarisasi ide-ide pengembangan Standar Halal Bersama dan Sertifikasi Halal Bersama agar dapat diterima oleh semua Madzhab di dunia Islam.

Pada perkembangan terkini, industri Halal terbagi menjadi dua bidang: komplek industri Halal dan pemasaran Halal. Komplek Halal memfasilitasi pasokan dan logistik, sebagai bagian fungsi dari pelabuhan dan pengiriman untuk industri Halal. Komplek Halal dibangun atas kerja sama antara pihak swasta dan para pemegang kewenangan pembangunan wilayah setempat terkait, yaitu Malaysia, Inggris, Uni Eropa, Brazil dan negara-negara OKI.

Nantinya, komplek-komplek industri tersebut akan terhubungkan dengan yang lainnya di tingkat regional dan internasional. Tiap komplek Halal punya akses ke peternakan lokal, komunitas usaha dan aparat setempat.

Komplek-komplek Halal penyedia jasa ini harus didukung penuh oleh pemerintah setempat, pengembangan infrastruktur, kelayakan lingkungan usaha bagi para investor lokal maupun asing, tenaga kerja terdidik dan terlatih, akses ke ragam jenis pembiayaan Halal, fasilitas perbankan Islami dan asuransi Takaful, ketersediaan fasilitas riset dan pengembangan, lembaga tinggi penelitian berkemitraan strategis, dan akses perhubungan darat, laut, dan udara untuk logistik Halal.

Baru-baru ini, SAMI, Indeks Makanan Halal pertama di dunia diluncurkan diKualaLumpur,Malaysia. SAMI merupakan perkembangan yang penting bagi industri Halal. SAMI berfungsi sebagai platform investasi yang meluas dan masih dalam pengembangan.

Pasar Halal menampung komoditi makanan dan bahan-bahan kandungan makanan, minuman, produk perawatan pribadi, yaitu kosmetik, obat-obatan, produk herbal, produk berbahan kulit dan sandang Islami, produk turisme dan  perhotelan, audit, keamanan dan pergudangan, perbankan dan asuransi.

Sumber:
http://www.khaleejtimes.com/biz/inside.asp?xfile=%2Fdata%2Fbusiness%2F2011%2FSeptember%2Fbusiness_September37.xml&section=business

Penterjemah: Nashrun, nashruna@yahoo.com

Advertisements

From → Industri Halal

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: