Skip to content

How “Halal” is Australian Halal meat?

November 8, 2011

Produk daging Halal Australia

Sumber:
http://muslimvillage.com/2011/10/17/how-halal-is-australian-halal-meat/
http://halaladvocates.org/our-resources/australia/

17 Oktober 2011

Australia adalah salah satu eksportir daging terbesar dunia, dan terdepan dalam industri halal. Salah satu pasar ekspor terbesar Australia adalah Amerika Serikat, di mana daging sembelihannya dijual luas oleh para toko daging, restoran dan pengecer di seluruh pelosok negeri. Kebanyakan daging tersebut diberi label ‘halal’ dan sertifikasi oleh suatu badan Halal Australia. Industri daging halal di AS sendiri tidak diberlakukan aturan secara meluas, sedangkan penyalahgunaan label dan sertifikat ‘halal’ banyak terjadi. Kenyataan ini mendorong komunitas Muslim di AS untuk membuktikan kehalalan dagingAustraliadan mencari tahu proses pemberian status halalnya secara langsung.

Maka, sekelompok penganjur halal Amerika yang sepemikiran memutuskan untuk meneliti daging Halal Australia dan mendatangi tempat-tempat penyembelihan halal  yang mengekspor produknya ke AS. Mufti Abdullah Nana dari California, dan Mufti Ikramul Haq, Rhode Island, mengunjungi lebih dari sepuluh fasilitas di Australia, dari 25 Oktober sampai 11 November 2009. Masing-masing menempuh jarak lebih dari 20.000 mil jalur udara, dan 3.000 mil jalan darat. Mereka mendatangi berbagai negara bagian dan daerah perkotaan, mencakup Sydney, Golburn, Brisbane, Rockhampton, Kilcoy, Bordertown, Dandedong, Katanning, Wodonga, Tamworth, dan Sunshine. Temuan-temuan mereka dihimpun sebagai sarana informasi komunitas Muslim AS. Laporan tersebut merupakan hasil penelitian mandiri kedua ulama di atas, yang tidak memiliki andil pembiayaan industri daging sembelihan. Bahkan perjalanan-perjalanan mereka menggunakan uang saku sendiri.

Kedua mufti penganjur Halal itu melihat, penyembelihan halal di Australia, secara umum, berkembang dengan baik. Untuk pemenuhan syarat ekspor halal, program penyembelihan halal di negara ini mengharuskan fasilitas penyembelihan menerapkan 100% sembelih halal serta mendapatkan pengakuan resmi oleh sebuah badan sertifikasi. Penyelenggara penyembelihan berwenang memisahkan hewan yang kucuran darahnya tidak lancar, cara pengejutannya (stunning) tidak memenuhi, atau tidak dipotong bunuh secara benar. Pisahan sembelih ini di-tag khusus dan menejer fasilitas diberitahu agar menanganinya terpisah. Pisahan diatur ketat agar tetap terpisah total dari yang halal reguler. Daging tersebut tidak dilabel halal dan tidak diekspor ke pasar-pasar halal. Kedua ulama penganjur halal memastikan tidak ada produk daging lain diproses di fasilitas yang sama, atau di tempat sembelih yang didatangi.

Tempat-tempat pengolahan daging sapi dan kambing diAustraliamenggunakan teknik pengejutan untuk melumpuhkan hewan yang akan disembelih. Untuk kambing, pengejut listrik khusus kepala diatur pada arus 0,5-0,9 ampere. Masalahnya, apakah hewan itu masih hidup setelah pengejutan. Kedua ulama mempelajari pengejutan listrik hewan kambing dan berkonsultasi dengan sejumlah pakar di bidang ini, termasuk para ahli hewan ternak dan dokter kesehatan. Mereka juga meminta agar seekor kambing dikejut listrik serta dipisah dari jajarannya untuk menyaksikan apakah ia bakal siuman (tidak mati), dan ternyata ia memang sadar kembali setelah beberapa detik. Penyembelihan, baik kambing maupun sapi, dilakukan beberapa detik setelah pengejutan. Kesimpulan penelitian lapangan ini, tegangan listrik yang dikenakan pada kepala hewan tidak sampai membunuhnya, maka tidak mempengaruhi kehalalan dagingnya.

Pengejut udara atau pengejut jamur digunakan pada sapi. Teknik pengejut ini tidak berdampak fatal karena alatnya tidak menembus organ otak hewan, karena kebijakan rumah-rumah sembelih sapi menolak hewan yang tulang kepalanya rusak atau retak karena pengejutan. Maka, pengejutan ini tidak mempengaruhi kehalalan daging sembelihan. Tentu saja, pengejutan merupakan cara yang tidak dibenarkan dan harus dihindari sedapat mungkin. Cara pengejutan harus dicari rujukannya pada fatwa dan sub-bahasan terkait.

Di Australia, terdapat lebih dari 20 badan sertifikasi halal dengan tingkat profesionalisme berbeda-beda.Adayang mempekerjakan staf purna waktu dan melakukan pemeriksaan berkala karena jaraknya dekat dengan tempat penyembelihan.Adapula yang dikelola oleh hanya satu orang, sedangkan posisi dia ribuan mil dari fasilitas yang disertifikasikan. Maka, kedua ulama advokasi halal itu lebih suka mendapatkan informasi secara langsung mengenai suatu badan sertifikasi, dan menentukan integritas kehalalannya dengan mengunjungi fasilitas penyembelihan yang ia sertifikasi. Mufti Abdullah dan Mufti Ikram mengunjungi dua badan terkait, yang teratas secara skala kuantitas dan reputasi: Islamic Coordinating Council of Victoria’ (ICCV) dan Supreme Islamic Council of Halal Meat in Australia (SICHMA). Kedua mufti menemui para staf badan-badan halal tersebut dan mempelajari program penyembelihan halal mereka secara rinci. Kedua lembaga menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan-persyaratan halal serta menerapkan praktik yang benar dalam situasi apa pun.Parapenganjur halal tersebut puas dengan penerapan sertifikasi oleh kedua lembaga, serta melihat peluang yang baik untuk kerjasama lebih lanjut.

Juru sembelih wajib memegang kartu profesi dan mendapatkan perizinan praktik lewat pelatihan sembelih halal. ICCV mengharuskan seorang pengawas purna waktu untuk ‘stand-by’ di fasilitas yang mereka sertifikasi. Pertanyaan kedua mufti kepada ICCV dan SICHMA, apakah juru sembelih yang menganut keyakinan berbeda atau sekte sempalan diperbolehkan untuk dipekerjakan. Kedua badan sertifikasi menegaskan, tidak ada pekerja dengan profil tersebut. Mereka melakukan penyaringan terhadap calon juru sembelih, serta punya kebijakan untuk memastikan apakah ia seorang Muslim yang taat.

Pengepakan daging kambing sembelihan di Australia menggunakan kotak-kotak besar atau unit kemasan hampa udara. Pak kotak besar diberi tanda ‘MS’ (“Muslim slaughter” atau “disembelih oleh Muslim”). Unit kemasan untuk Kirkland Signature, OpalValley, dan Diamond Valley berlogo halal. Setiap pak ataupun unit kemasan diberi logo kecil lonjong terbaca “barang inspeksi Australia”. Di tengah logo tertulis nomor kelembagaan fasilitas penanganan sembelihan terkait di Australia. Nomor tersebut menjadi kode lacak sumber produk sembelihan. Unit kemasan tidak mencantumkan nama dan kontak pemasok tapi hanya nomor kodenya. (Teks asli tulisan ini, berbahasa Inggris, memuat daftar nomor kelembagaan fasilitas sembelih halal di Australia, dan beberapa foto contoh unit kemasan produk)

Daging kambing Australia tersedia di banyak supermarket dan toko ritel besar Amerika, seperti Costco, Kroger, Safeway, Von’s, Meijers, Jetro Cash and Carry (Restaurant Depot), dan Stop and Shop. Penting diketahui, dua jenis produk dagingAustralia kemasan. Beberapa unit kemasan yang dijual di tempat-tempat tersebut di atas, pengemasannya dilakukan diAustralia, tanpa penanganan lagi di AS. Produk ini berlogo ‘Australia Halal’ dan aman dikonsumsi karena tidak ada peluang kontaminasi silang.Adabeberapa produk yang dikemas ulang dan/ atau mengalami pengolahan lagi di AS, dan diberi nomor USDA. Produk tersebut tidak terjamin halal atau bebas resiko kontaminasi silang dengan produk sembelihan lain. Orang Islam (di AS) harus menghindari produk yang bukan kemasan Australia dan memilih unit kemasan yang memiliki kode sumber (seperti tertera di daftar) dan merupakan hasil pengemasan Australia.

Para mufti penganjur Halal menghubungi Costco dan mendapatkan info mengenai tujuh fasilitas diAustralia, pemasok Kirkland Signature Australian Lamb. Mereka mendatangi empat dari tujuh fasilitas itu dan mengakui kehalalan penyembelihannya. Empat fasilitas tersebut dicantumkan dalam daftar tersetujui. Keduanya mewawancarai para Muslim pengawas, yaitu para staf di dua fasilitas yang tidak terkunjungi, mengenai proses penyembelihan. Untuk rumah sembelih ketujuh, kedua mufti menghubungi dan mewawancarai petugas inspeksi terkait, yang merupakan staf badan sertifikasi dan berstatus Muslim, mengenai penanganan rinci penyembelihan. Maka, secara mandiri, para mufti ini telah memastikan status halal ketujuh pemasok Kirkland Signature Australian Lamb, dan mengakui kepatuhan mereka terhadap proses penyembelihan yang disyaratkan oleh agama Islam. Costco juga menjual daging kambing Australia yang dikemas ulang dan diletakkan di atas talam tanpa label halal. Tentu saja konsumen Muslim harus memilih produk yang berlabel Australia Halal dan bermerek Kirkland Signature.

Dengan jalan serupa, kedua mufti mendapat kejelasan status halal daging kambing Australia Opal Valley, yang dijual di banyak toko Midwest dan East Coast. Produk sembelihan kambing tersebut tersedia dalam bentuk unit kemasan atau kotak pak 40 pon. Unit kemasan produk Opal Valley berlogo “Australian Halal”. Kedua ulama penganjur halal mendatangi semua empat fasilitas penyembelihan, pemasok produk Opal Valley Lamb di AS, dan mengakui kehalalan cara sembelih yang diterapkan. Empat rumah sembelih ini hanya menangani produk daging halal dan tidak yang lainnya. Maka, orang boleh yakin, Opal Valley Lamb memenuhi kaidah Islam.

Merek populer lainnya, Diamond Valley, dijual oleh Safeway dan Von’s di West Coast, dipasok oleh dua rumah penyembelihan di Australia, dan satu di Selandia Baru, sesuai keterangan labelnya. Kedua mufti tidak berkesempatan mengunjungi Selandia Baru tapi sempat mendatangi dua fasilitas penyembelihan diAustraliadan mengakui kehalalan penanganan penyembelihan disana. Para penganjur halal akan senantiasa memaklumatkan setiap hal perkembangan pemasok Diamond Valley dari Selandia Baru

Para konsumen Muslim di Amerika seyogyanya meminta supermarket atau toko ritel setempat yang menjual produk dagingAustralia agar memajang sertifikat Halal terkini untuk tiap pasokan yang diterima. Hal ini merupakan dukungan bagi lembaga Halal dan masyarakat Muslim di Australia.

Penterjemah: Nashrun

Dokumentasi sumber:
http://muslimvillage.com/category/featured/
http://muslimvillage.com/category/lifestyle/halal-lifestyle/
http://muslimvillage.com/category/lifestyle/

Uploader sumber:
http://muslimvillage.com/author/mv-media/

Terkait: 
http://halaladvocates.org/our-resources/australia/
http://www.iric.org/newsdetail.asp?id=860
http://www.askamufti.com/Articles/Files/AustraliaHalalMeatReport.pdf
http://www.crescentsofbrisbane.org/00%20Files%20&%20Images/CCN303/Australian%20Halal%20Meat%20Report.pdf

Advertisements

From → Industri Halal

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: